Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Nunc odio purus, tempus non condimentum eget, vestibulum.

FOLLOW
Top
World Water Forum Senegal 2022

Tampilkan Kebudayaan dan Pengelolaan Sumber Air Indonesia di World Water Forum Senegal 2022

World Water Forum (WWF) 2022 Senegal merupakan konferensi antar negara yang membahas mengenai sumber air di belahan dunia. Pada kesempatan tersebut, LZY turut berkontribusi di event internasional yang melibatkan sejumlah negara di dunia itu.

Dalam hal ini, LZY bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menampilkan sebuah booth, yang terpampang di WFF 2022 di Dakar, Senegal. Acara WWF ini merupakan pertemuan ke-9, yang berlangsung pada 22-27 Maret 2022 lalu.

Konsep booth sendiri benar-benar kita buat untuk merepresentasikan Indonesia di mata dunia. Pada project kali ini, Moch Edo Barrudy dipercaya menjadi Project Director. Sementara, Dwi Prasetyo membantu sebagai Project Manager.

Booth pada ajang WWF 2022 Senegal ini sendiri digunakan untuk lima aktivitas utama. Pertama perjamuan dengan seluruh delegasi negara yang hadir. Kemudian, sebagai tempat presentasi, Forum Group Discussion (FGD) dan Talkshow. Lalu ada interaktif media dan entertainment.

Serta promosi materi mengenai sumber air di Indonesia dan juga sebagai tempat kampanye Presidensi G20 Indonesia. Nah, dari kelima aktivitas utama booth, akhirnya kita memutuskan untuk mengambil tema utama booth yang Indonesia banget.

Di lahan seluas 100m2 kita coba memaksimalkan tampilan booth se-Nusantara mungkin. Untuk moodboard utama, kita siapkan motif tradisional/batik sebagai dekorasi utama booth. Kemudian, kita juga sediakan digital signage berisikan kampanye seputar Indonesia, dan ada interaktif media buat daya tarik pengunjung.

Buat motif batiknya, kita pakai motif batik kawung. Yaps, motif batik dari Yogyakarta ini memiliki makna yang kuat. Motif kawung bermakna kesempurnaan, kemurnian dan kesucian. Tiga makna utama itu sangat lekat dengan elemen air itu sendiri.

Dalam kaitannya, motif kawung ini menjadi simbol kekosongan. Kekosongan ini menjadikan seseorang netral. Tidak berpihak, tidak ingin menonjolkan diri, mengikuti arus kehidupan, dan membiarkan segala yang ada disekitarnya, berjalan sesuai kehendak alam. Itu sama seperti makna air yang mengikuti arah arus.

Di dalam booth, juga ada desain elemen lainnya. Di antranya titel Indonesia dan tema booth utama. Oh ya, di booth ini, kita mengikuti tema utama yaitu “Recover Together, Recover Stronger with Water”. Tema utama itu, kita letakan di bawah tulisan “Indonesia” pada booth.

Satu hal yang menarik, kita juga sediakan satu tempat sebagai interaktif media. Di sini, para pengunjung bisa menyaksikan bagaimana pengelolaan sumber air di Indonesia. Selain itu, pengunjung bisa selfie dengan filter tematik khas Indonesia.

Bukan hanya itu aja, di booth ini kita juga menyiapkan panel LED dengan dimensi 4000x1500mm dan resolusi 896×384 berbentuk persegi panjang secara vertikal. Panel LED itu menyerupai bentuk akuarium, yang mana menampilkan video gambar laut dan seorang penyelam yang membentangkan tema WWF 2022.

Fyi, setelah berlangsung di Senegal, WWF 2024 atau yang ke-10 rencananya bakal digelar di Indonesia loh. So, see you di project selanjutnya!

Post a Comment