top of page

Mengenal Teknologi Imersif dan Manfaatnya dalam Dunia Bisnis

Teknologi imersif adalah salah satu inovasi paling menarik dalam dunia digital saat ini yang bisa menciptakan pengalaman imersif. Teknologi ini memberikan perubahan besar dalam cara kita berinteraksi dengan informasi, hiburan, bahkan pekerjaan sehari-hari.

Dari Virtual Reality (VR) yang membawa kita ke dunia baru, hingga Augmented Reality (AR) yang memperkaya dunia nyata dengan elemen digital, teknologi ini menawarkan pengalaman yang begitu mendalam sehingga membuat pengguna merasa seolah-olah mereka benar-benar berada di dalamnya.

Namun, apa sebenarnya teknologi imersif itu? Yuk, pahami lebih lanjut melalui ulasan di bawah ini!


beberapa orang sedang menikmati visual bawah laut dengan menggunakan teknologi imersif
Nawa: Fantasia Underwater

Apa itu Teknologi Imersif?

Teknologi imersif adalah sebuah inovasi yang menggabungkan dunia nyata dan dunia digital untuk membangun interaksi dengan penonton. Teknologi imersif baru-baru ini banyak dibicarakan dalam berbagai bidang industri bahkan dikaitkan dengan kemunculan konsep marketing 6.0 yang fokus pada teknologi digital dan pengalaman pelanggan. Secara umum, beberapa bentuk teknologi imersif adalah sebagai berikut:

  • Virtual Reality (VR): Menggunakan headset VR, pengguna dibawa ke dunia virtual yang sepenuhnya buatan. Teknologi ini menutupi pandangan pengguna terhadap dunia nyata, menggantikannya dengan lingkungan virtual yang bisa berupa game, simulasi, atau pengalaman lainnya.

  • Augmented Reality (AR): Berbeda dengan VR, AR menambahkan elemen digital ke dunia nyata. Contohnya, aplikasi AR dapat menampilkan objek digital yang tampak muncul di dunia nyata melalui layar ponsel atau kacamata AR.

  • Mixed Reality (MR): Ini adalah gabungan antara VR dan AR, di mana objek virtual tidak hanya muncul di dunia nyata tetapi juga berinteraksi dengannya. Contoh dari teknologi MR adalah Microsoft HoloLens.

  • 360-Degree Video: Video ini memberikan tampilan menyeluruh di sekeliling pengguna, memungkinkan mereka untuk melihat ke segala arah seolah-olah berada di tempat yang direkam.

  • Haptic Technology: Ini adalah teknologi yang melibatkan indra peraba, di mana pengguna dapat merasakan sentuhan atau umpan balik fisik melalui perangkat seperti sarung tangan haptic atau pakaian yang dirancang khusus.



Contoh Teknologi Imersif dalam Bisnis

Contoh teknologi imersif dalam bisnis bisa kamu lihat dalam karya LZY yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. LZY berkesempatan untuk membuat karya imersif dalam pameran virtual “Wonderspace by Wonderful Indonesia” yang bertemakan 5 destinasi wisata di Indonesia, yaitu, Borobudur, Labuan Bajo, Danau Toba, Likupang, dan Mandalika.


teknologi imersif menampilkan visual borobudur di waktu senja dan lampion berterbangan
Wonderspace - Borobudur

Penerapan teknologi imersif ini dapat membantu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia untuk memperkenalkan destinasi wisata lokal yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Nah, melalui pameran ini, pengunjung bisa mendapatkan pengalaman nyata seakan berada di kelima destinasi wisata Indonesia tersebut. Dengan begitu, para pengunjung akan terinspirasi untuk mengunjungi wisata-wisata tersebut guna merasakan pengalaman yang lebih nyata mengenai keindahannya.



Ciptakan Teknologi Imersif untuk Kembangkan Bisnismu Bersama LZY Visual!

Tantangan dalam pembuatan konten imersif terletak pada menghasilkan konten 3D atau foto dan video 360 dengan kualitas grafis yang tinggi. Saat ini, beberapa industri masih menganggap bahwa pembuatan konten imersif memerlukan waktu dan biaya yang signifikan, sehingga mereka masih mempertimbangkan kembali sebelum mengimplementasikan teknologi imersif, terutama untuk kebutuhan operasional bisnis di sektor industri

Namun, tidak perlu khawatir. Bersama LZY Visual, kamu bisa menciptakan immersive experience bagi pelanggan bisnismu dengan lebih praktis. LZY Visual telah memiliki banyak pengalaman dan bekerja sama dengan berbagai brand untuk meningkatkan strategi marketing melalui jasa immersive installation kami.

Kembangkan bisnismu dengan memberikan pengalaman baru yang menyentuh bagi para pelanggan. Apapun ide dan konsepmu, tim kami siap bantu wujudkan semuanya! Jadi, tunggu apa lagi? Yuk hubungi tim LZY Visual melalui WhatsApp dan ciptakan pengalaman imersif tak terlupakan bersama LZY.

12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page