Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Nunc odio purus, tempus non condimentum eget, vestibulum.

FOLLOW
Top
De Tjolomadoe Herritage Festival 2021

Pemecahan Rekor MURI De Tjolomadoe Heritage Festival, Hadirkan Video Mapping Seluas 1.700 Meter Persegi

Tanggal 8 Desember 2021 jadi hari berserajah buat kita. Akhirnya LZY bersama De Tjolomadoe bisa menyajikan video mapping seluas 1.700 m2 pada perayaan HUT De Tjolomadoe ke-160, sebagai bentuk kebanggaan warga sekitar Surakarta.

Yaps, visualisasi video mapping sendiri mengambil tema tradisi cembengan, yang udah jadi ritual kuno ketika menyambut musim gilingan tebu. Pemilihan tema itu juga nggak sembarangan loh. Semuanya terkonsep rapi, sesuai lokasi video mapping berlangsung.

Fyi, video mapping ini sendiri memang berlangsung di Pabrik Gula Colomadu, yang berlokasi di daerah Karanganyar, Jawa Tengah. Pabrik gula bersejarah ini udah ada sejak 1861. Sekarang ini pabrik gula tersebut jadi salah satu destinasi wisata, untuk mengenang masa kejayaan Colomadu.

Oleh karena itu, di tempat bersejarah kita membuat rekor MURI, dengan menampilkan video mapping, yang menyoroti langsung gedung utama Pabrik Gula Colomadu.

Bagaiamana prosesnya?

Bekerja sama dengan De Tjolomadoe, kita coba membagi instalasi digital di sejumlah area. Untuk area pertama ada di Stasiun Gilingan. Tempat ini jadi pintu masuk utama, bangunan sejarah tempat penggilingan gula di Colomadu.

Di tempat ini kita memberikan pegalaman kepada pengunjung, agar bisa berinteraksi dengan screen monitor, yang memberikan ilustrasi busana yang digunakan orang-orang zaman dulu di sepanjang Stasiun Gilingan.

Lalu, kita juga coba beri pengalaman kepada pengunjung di Immersive Room. Ada dua tempat yang kita jadikan pop-up booth. Salah satunya penyambung area dalam museum dengan Stasiun Ketelan.

Di sini projection mapping yang kita tampilkan adalah mengenai ilustrasi sejarah kekayaan Pabrik Gula Colomadu. Kita menyulap area penyambung ini dengan dekorasi tanaman tebu, dibantu sorot lampu sebagai ambience dari suasana lading tebu yang begitu luas.

Di area Stasiun Ketelan, seluruh kegiatan sponsor dan ragam produk yang terlibat di bagian acara ditampilkan di area ini. Tidak hanya booth biasa, kita juga menampilkan interaktif booth yang membuat pengunjung bisa lebih merasakan pengalaman baru ketika berada di booth sponsor.

Termasuk adanya interactive floor mapping, di mana projection mapping menembakkan gambar ke lantai, sehingga semua pengunjung di kalangan usia bisa menikmati video mapping tersebut.

Dari dalam area, pengunjung juga diberikan pengalaman ketika menuju ke luar atau main stage.  Di mana terdapat tunnel lighting, yang kita buat full dari tembakan projection mapping sepanjang pintu keluar menuju area utama.

Di area luar pabrik gula Colomadu, yang dijadikan area utama projection mapping kita membuat suasana begitu hangat. Penayangan konten tradisi Cembengan, yang langsung mengarah ke gedung Pabrik Gula Colomadu, membuat lansekap indah penuh warna memanjakan para pengunjung.

Berakhirnya projection mapping, yang ditampilkan selama 30 menit akhirnya membuat pengunjung terpukau. Konten video yang menembak area 1.700 m2, dengan dimensi 85 meter x 20 meter itu mendapat apresasi pemcehan rekor MURI di peryaan HUT De Tjolomadoe ke-160.

Kita udah bisa buktikan dengan area yang luas hingga 1.700 m2 bisa terhiasi dengan projection mapping yang ciamik!

Post a Comment