Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Nunc odio purus, tempus non condimentum eget, vestibulum.

FOLLOW
Top
Erlangga ART 2022 - LZY Waktunya untuk Bangkit

LZY Serukan Momen Bangkit dari Pandemi di Pameran Penerbit Erlangga

Dua tahun terakhir seluruh dunia dibuat ‘mati’ karena pandemi Covid-19 melanda bumi. Semua kegiatan seakan berhenti, terpaksa harus diubah menjadi online.

Event atau pameran yang biasa dinikmati secara langsung on site, tak bisa terlaksana. Semuanya ‘dipaksa’ dilakukan dari rumah saja.

Namun, secara perlahan, kegiatan kembali normal. Di Indonesia, paling tidak beberapa bulan terakhir ini sejumlah kegiatan, sudah bisa dilaksanakan dengan baik.

Termasuk kami, yang sudah bisa kembali berkarya, membuat project instalasi. Kebetulan, salah satu penerbit di Indonesia, Erlangga mengadakan pameran sekaligus lomba karya instalasi. Tema besarnya? Tentu mengenai kondisi pandemi yang berangsung membaik.

Yaps, tanpa pikir panjang, kami buat project instalasi tersebut. Kali ini Dimas Aldi Romadoni memegang peranan penting sebagai Project Manager. Kemudian, Project Director kali ini dipercayakan kepada Dwi Prasetyo.

Soal proses visualisasi, Cakra Jimme turun tangan sebagai Art Director di project kali ini. Sesuai tema besar, kami coba tuangkan kebangkitan pandemi ini sebagai momentum berkarya kembali secara utuh.

Kami ambil konsep ‘saatnya bangkit jadi pemenang’. Sederhana, dua tahun pergerakan terbatas, kita semua harus bangkit dan jadi pemenang.

Untuk instalasinya sendiri kami menggunakan satu layar LED. Layar tersebut kami buat seolah-olah gerbang menuju kehidupan yang lebih baik. Di sekitar bagian layar, kami buat instalasi dengan sentuhan warna putih.

Dengan tujuan kita semua bisa meninggalkan kesedihan akibat pandemi dan menatap kehidupan yang lebih cerah di depan.

Sementara, di dalam layar tersebut berisikan video animasi. Untuk video animasinya kami buat simpel saja, hanya berdurasi 30-40 detik.

Di dalam video kami buat satu orang yang tampak terkurung di dalam layar LED. Tokoh tersebut melambaikan tangan sekan mengucap selamat tinggal pada pandemi. Setelahnya, orang tersebut kami gambarkan berlari, bergerak dengan cepat melanjutkan kehidupan.

Kemudian, kami berikan efek transisi, yang memperlihatkan sebuah istana, dengan anak tangga banyak menuju pintu utama istana. Di bagian istana ada bendera Indonesia yang berkibar. Hal tersebut sebagai tanda bahwa kita semua siap bangkit untuk jadi pemenang!

Ya, begitulah karya instalasi yang kami buat di pameran Erlangga. Melalui project ini, kami berharap, seluruh penduduk bumi bisa bangkit, meninggalkan luka lama akibat pandemi dua tahun belakangan. Semangat warga bumi!

Post a Comment